Home Blog Page 24

Main Memory (Jenis – jenis RAM)

Memori utama merupakan media penyimpanan dalam bentuk array yang disusun word atau byte, kapasitas daya simpannya bisa jutaan susunan. Setiap word atau byte mempunyai alamat tersendiri. Data yang disimpan pada memori utama ini bersifat volatile, artinya data yang disimpan bersifat sementara dan dipertahankan oleh sumber-sumber listrik, apabila sumber listrik dimatikan maka datanya akan hilang. Memori utama digunakan sebagai media penyimpanan data yang berkaitan dengan CPU atau perangkat I/O.

 

Jenis-jenis RAM 

Berdasarkan cara kerja :

  1. Dynamic RAM (DRAM)
  2. Fast Page Mode DRAM (FPM DRAM)
  3. Extended Data Output DRAM (EDO DRAM)
  4. Synchronous DRAM (SDRAM)
  5. Rambus DRAM (RDRAM)
  6. Double Data Rate SDRAM (DDR SDRAM)
  7. Untuk video :
  8. Video RAM (VRAM)
    b. Windows RAM (WRAM)
    c. Synchronous Graphic RAM (SGRAM)
  9. Static RAM (SRAM)

Berdasarkan Module : 

  1. Single Inline Memory Module (SIMM) 

Mempunyai kapasitas 30 atau 72 pin. Memori SIMM 30 pin untuk kegunaan PC zaman 80286 sehingga 80486 dan beroperasi pada 16 bit. Memory 72 pin banyak digunakan untuk PC berasaskan Pentium dan beroperasi pada 32 bit. Kecepatan dirujuk mengikuti istilah ns (nano second) seperti 80ns, 70ns, 60ns dan sebagainya. Semakin kecil nilainya maka kecepatan lebih tinggi. DRAM (dynamic RAM) dan EDO RAM (extended data-out RAM) menggunakan SIMM. DRAM menyimpan bit di dalam suatu sel penyimpanan (storage sell) sebagai suatu nilai elektrik (electrical charge) yang harus di-refesh beratus-ratus kali setiap saat untuk menetapkan (retain) data. EDO RAM sejenis DRAM lebih cepat, EDO memakan waktu dalam output data, dimana ia memakan waktu di antara CPU dan RAM. Memori jenis ini tidak lagi digunakan pada komputer akhir-akhir ini.

  1. Double Inline Memory Module (DIMM)

Berkapasitas 168 pin, kedua belah modul memori ini aktif, setiap permukaan adalah 84 pin. Ini berbeda daripada SIMM yang hanya berfungsi pada sebelah modul saja. Menyokong 64 bit penghantaran data. SDRAM (synchronous DRAM) menggunakan DIMM. Merupakan penganti dari DRAM, FPM (fast page memory) dan EDO. SDRAM pengatur (synchronizes) memori supaya sama dengan CPU clock untuk pemindahan data yang lebih cepat. dan terdapat dalam dua kecepatan iaitu 100MHz (PC100) dan 133MHz (PC133).

  1. RIMM (Rambus) 

Dulu dikenali sebagai RDRAM. Adalah sejenis SDRAM yang dibuat oleh Rambus. DRDRAM digunakan untuk CPU dari Intel yang berkecepatan tinggi. Pemindahan data sama seperti DDR SDRAM tetapi mempunyai dua saluran data untuk meningkatkan kemampuan. Juga dikenali sebagai PC800 yang kerkelajuan 400MHz. Beroperasi dalam bentuk 16 bit bukan 64 bit. Pada saat ini terdapat DRDRAM berkecepatan 1066MHz yang dikenal dengan RIMM (Rambus inline memory module). DRDRAM model RIMM 4200 32-bit menghantar 4.2gb setiap saat pada kecepatan 1066MHZ.

Berdasarkan jumlah pin : 30 pin, 72 pin, 168 pin. Berdasarkan kecepatannya (nanosecond) 

 

  1. FPM DRAM (Fast Page Mode Random Access Memory)

Adalah RAM yang paling pertama kali ditancapkan pada slot memori 30 pin mainboard komputer, dimana RAM ini dapat kita temui pada komputer type 286 dan 386. Memori jenis ini sudah tidak lagi diproduksi.

  1. EDO RAM ( Extended Data Out Random Access Memory) 

RAM jenis ini memiliki kemampuan yang lebih cepat dalam membaca dan mentransfer data dibandingkan dengan RAM biasa. Slot memori untuk EDO – RAM adalah 72 pin. Bentuk EDO-RAM lebih panjang daripada RAM yaitu bentuk Single Inline Memory Modul (SIMM). Memiliki kecepatan lebih dari 66 Mhz.

  1. BEDO RAM (Burst EDO RAM)

RAM yang merupakan pengembangan dari EDO RAM yang memiliki kecepatan lebih dari 66 MHz.

  1. SD RAM (Synchronous Dynamic Random Access Memory)

RAM jenis ini memiliki kemampuan setingkat di atas EDO-RAM. Slot memori untuk SD RAM adalah 168 pin. Bentuk SD RAM adalah Dual Inline Memory Modul (DIMM). Memiliki kecepatan di atas 100 MHz.

  1. RD RAM (Rambus Dynamic Random Access Memory) 

RAM jenis ini memiliki kecepatan sangat tinggi, pertama kali digunakan untuk komputer dengan prosesor Pentium 4. Slot Memori untuk RD RAM adalah 184 pin. Bentuk RD RAM adalah Rate Inline Memory Modul (RIMM). Memiliki kecepatan hingga 800 MHz.

  1. DDR SDRAM (Double Data Rate Synchronous Dynamic RAM)

RAM jenis ini memiliki kecepatan sangat tinggi dengan menggandakan kecepatan SD RAM, dan merupakan RAM yang banyak beredar saat ini. RAM jenis ini mengkonsumsi sedikit power listrik. Slot Memori untuk DDR SDRAM adalah 184 pin, bentuknya adalah RIMM.

Cara menampilkan virtual keyboard pada windows

Bagi anda pengguna laptop dengan layar touchscreen atau laptop yang anda gunakan tiba-tiba mengalami kerusakan keyboard, anda dapat menggunakan virtual keyboard sebagai alternatif mengetik sementara.

Pada windows 8 untuk menampilkan virtual keyboar ini sangatlah mudah hanya tinggal Search lalu ketikan Keyboard klik pada icon on-screen keyboard.

 

maka virtual keyboard akan tampil pada layar.

Atau juga anda bisa menggunakan Control panel

1. Masuk kedalam Ease of Access
2. Klik Ease of Access center
3. Pilih Start On-Screen Keyboard

Cara Menonaktifkan Control Panel

Ingin agar pengaturan PC anda tidak diutak atik orang lain, apalagi jika PC anda digunakan oleh banyak orang. Seperti yang kita tahu pengaturan PC terletak pada Control Panel. Pada artikel ini saya akan menunjukan bagaimana cara mendisable Control Panel. Langsung saja caranya adalah seperti berikut :

1. Click RUN pada windows

2. ketikan gpedit.msc 
3. kemudian akan tampil seperti berikut
4. klik pada user configuration >> Administrative Templates >> Control Panel
5. klik dua kali pada Prohibit access to Control Panel and PC Settings

6. klik Enable lalu OK, Kemudian coba buka control panel. maka akan tampil seperti berikut

untuk mengembalikan Control panal seperti semula pada bagian Prohibit access to Control Panel and PC Settings ubah bagian Enable menjadi Disable atau Not Configure.

Cara Menambah Penulis di Blogger

Blogger adalah salah satu layanan yang di berikan oleh google untuk membuat personal blog. layanan ini gratis dan memiliki tampilan yang simpel sehingga mudah digunakan .selain itu blogger juga memiliki berbagai fitur keren lainnya yang membuat blogger  semakin banyak penggunannya.

bagi anda yang sudah memiliki blog dengan platform blogger , kali ini saya akan membagikan salah satu fitur yang sangat berguna di blogger, yaitu pengarang/author. fitur ini mempermudah kita untuk menambahkan penulis atau author. sehingga blog tersebut bisa  di kelola oleh beberapa orang.

Cara Menambah Penulis di Blogger

1. Pertama login ke akun blogger anda, lalu masuk kebagian setelan atau setting

2. setelah masuk ke menu setelan atau setting, perhatikan pada bagian Pengarang Blog


3. klik pada tulisan Tambahkan Pengarang, lalu masukkan email dari penulis yang akan menjadi editor anda. terakhir klik undang pengarang

Selanjutnya undangan menjadi pengarang atau editor di blog anda akan terkirim ke alamat email yang anda tuliskan. sekian postingan tentang cara menambah penulis atau editor di blogger, semoga bermanfaat.

SISTEM INFORMASI E-COMMERCE

ELEKTRONIK COMMERCE

Dalam beberapa waktu ini terakhir ini, dengan begitu merebaknya media Internet dimana-mana, khususnya  di Indonesia. Kehadiran Internet yang walaupun masih merupakan industri baru yang dalam Fase pertumbuhan, yang masih terus berubah serta penuh ketidakpastian, telah memperkokoh keyakinan akan pentingya peranan teknologi dalam pencapaian tujuan finansial perusahaan melalui modifikasi dan efisiensi proses bisnis yaitu dengan memanfaatkan E-Commerce.  Kemampuan Internet untuk menjangkau pelanggan baru dan penghematan biaya yang cukup signifikan untuk distribusi dan pelayanan pelanggan merupakan keunutngan yang bisa didapat perusahaan dang memindahkan roda nilai comerce ke media Internet.

Perkembangan Teknologi Internet yang sangan cepat berubah menjadikan strategi atau model bisnis yang cocok. Salah Satu implementasi dari aplikasi yang berbasis Word Wide Web adalah Elektronic Commerce atau lebih dikenal dengan istilah e-Commerce.

Metodologi bisnis modern yang dapat memenuhi kebutuhan organisasi, Merchant dan konsumen dalam menekan biaya-biaya yang harus dikeluarkan dengan disertai perbaikan mutu barang dan jasa, serta peningkatan kecepatan service delivery. Metodologi tersebut mengubah pola bisnis tradisional menjadi pola bisnis modern dengan pemanfaatan Internet sebagai media bisnis yang menjadi trend saat ini. Trend ini kemudian dikenal dengan istilah Internet Commerce yang kemudian menjadi Elektronic Commerce (E-Commerce).

ARSITEKTUR E-COMMERCE

E-Commerce dibangun diatas dua pilar, yaitu pilar non teknis dan pilar teknis. Pilar non teknis meliputi aspek kebijakan, hukum dan privacy. Sedangkan pilar teknis untuk dokumen elektronik, multimedia dan protokol jaringan. Untuk di Indonesia dalam kondisi sekarang ini pilar non teknis yang berupa aspek hukum belum tersedia, sehingga sangat sulit untuk mengambil tindakan jika terjadi berbagai pelanggaran dalam transaksi.

E-COMMERCE (PERNIAGAAN ELEKTRONIK)

Electronic Commerce (Perniagaan Elektronik), sebagai bagian dari Electronic Business (bisnis yang dilakukan dengan menggunakan electronic transmission, oleh para ahli dan pelaku bisnis dicoba dirumuskan definisinya dari terminologi E-Commerce (Perniagaan Elektronik). Secara umum e-commerce dapat didefinisikan sebagai segala bentuk transaksi perdagangan/perniagaan barang atau jasa (trade of goods and service) dengan menggunakan media elektronik. Jelas, selain dari yang telah disebutkan di atas, bahwa kegiatan perniagaan tersebut merupakan bagian dari kegiatan bisnis. Kesimpulan: “e-commerce is a part of e-business“.

Media elektronik yang dibicarakan di dalam tulisan ini untuk sementara hanya difokuskan dalam hal penggunaan media internet, mengingat penggunaan media internet yang saat ini paling populer digunakan oleh banyak orang, selain merupakan hal yang bisa dikategorikan sebagai hal yang sedang ‘booming’. Perlu digarisbawahi, dengan adanya perkembangan teknologi di masa mendatang, terbuka kemungkinan adanya penggunaan media jaringan lain selain internet dalam e-commerce. Jadi pemikiran kita jangan hanya terpaku pada penggunaan media internet belaka.

Penggunaan internet dipilih oleh kebanyakan orang sekarang ini karena kemudahan-kemudahan yang dimiliki oleh jaringan internet:
  1. Internet sebagai jaringan publik yang sangat besar (huge/widespread network), layaknya yang dimiliki suatu jaringan publik elektronik, yaitu murah, cepat dan kemudahan akses.
  2. Menggunakan electronic data sebagai media penyampaian pesan/data sehingga dapat dilakukan pengiriman dan penerimaan informasi secara mudah dan ringkas, baik dalam bentuk data elektronik analog maupun digital.

 

Dari apa yang telah diuraikan di atas, dengan kata lain; di dalam e-commerce, para pihak yang melakukan kegiatan perdagangan/perniagaan hanya berhubungan melalui suatu jaringan publik (public network) yang dalam perkembangan terakhir menggunakan media internet. Telah dikemukakan di bagian awal tulisan, bahwa koneksi ke dalam jaringan internet sebagai jaringan publik merupakan koneksi yang tidak aman. Hal ini menimbulkan konsekuensi bahwa E-commerce yang dilakukan dengan koneksi ke internet adalah merupakan bentuk transaksi beresiko tinggi yang dilakukan di media yang tidak aman.
Kelemahan yang dimiliki oleh Internet sebagai jaringan publik yang tidak aman ini telah dapat diminimalisasi dengan adanya penerapan teknologi penyandian informasi (Crypthography). Electronic data transmission dalam e-commerce disekuritisasi dengan melakukan proses enkripsi (dengan rumus algoritma) sehingga menjadi cipher/locked data yang hanya bisa dibaca/dibuka dengan melakukan proses reversal yaitu proses dekripsi sebelumnya telah banyak diterapkan dengan adanya sistem sekuriti seperti SSL, Firewall, dsb.
TANTANGAN DAN HAMBATAN DALAM PENERAPAN E-COMMERCE
Sebuah sistem E-Commerce merupakan contoh penerapan teknologi informasi yang komplek. Hal ini disebabkan terkoneksinya sistem yang seharusnya aman. Sangat propriatery dengan jaringan Internet yang sama sekali tidak aman, sangat terbuka dan open system.  Sebuah perusahaan yang hendak membangun sistem Internet atau on-line payment service / payment gateway untuk melayani pembayaran pada situs E-Commerce seharusnya telah mempunyai sistem perbankan yang kuat, realible dan aman, serta di dukung oleh sumber daya yang handal dan cukup. Karena selain keamanan yang menjadi prioritas tertinggi, volume transaksi di Internet tidak dapat diprediksikan besarnya. “Nature” Internet yang global menyebabkan siapa saja dalam waktu kapan saja dapat mengakses sistem tersebut. Belum lagi adanya  serangan-serangan mendadak yang banyak dan tersebar, sehingga sulit untuk dideteksi dan secara langsung dapat mengakibatkan downtime pada sistem internal.
Untuk mengetahui resiko yang dapat terjadi dan bagaimana security & control dalam suatu sistem Internet E-Commerce, perlu ditelaah terlebih dahulu arsitektur sistem secara makro, kemudian bagian demi bagian dianalisa dan diperiksa lebih lanjut. Kebutuhan kedalaman analisa dan pemeriksaan ini sangat bergantung pada arsitektur sistem. Semakin kompleks arsitektur sistem bukan berarti keamanan akan meningkat, tetapi juga bukan berarti arsitektur sistem yang sederhana akan meningkatkan realibilitas sistem secara keseluruhan.
Selain arsitektur sistem, perlu adanya analisa dan pemeriksaan terhadap implementasi, strategi dan prosedur administrasi sistem yang disiplin dan dijalankan untuk sistem tersebut. Kunci dari keberhasilan berjalannya sebuah sistem Internet E-Commerce adalah bagaimana prosedur administrasi sistem dan kemampuan personal administrasi sistem dalam mengadaptasi perkembangan teknologi. Keamanan dalam kamus Internet dalam dinamis, setiap hari bahkan setiap jam, selalu ada penemuan security hole baru. Oleh karena itu personal administrasi sistem harus dapat mengantisipasinya.
Resiko yang dapat terjadi pada sistem Internet E-Commerce dapat dipilah menjadi dua bagian, yaitu :
1.    Resiko Server Aplikasi Internet E-commerce
Internet Server merupakan tempat berjalannya aplikasi Internet E-Commerce, sekaligus merupakan entry point kepada aplikasi yang semestinya terisolasi dari Internet.
Beberapa resiko yang dapat terjadi adalah sebagai berikut :
  • Penyusupan (intrusion) kedalam sistem dengan memanfaatkan security hole
  • Penyusupan (intrusion) kedalam sistem dengan menggunakan program pelacak password
  • Penyusupan (intrusion) kedalam sistem dengan menggunakan alamat IP palsu (IP Spoofing)
  • Penyusupan (intrusion) kedalam sistem dengan menggunakan virus
  • Penyusupan (intrusion) kedalam sistem dengan menggunakan back dor
  • Penyerangan dengan membebani sistem dengan pemboman paket (packet bombing), Ping of Death, DoS (Denial of Service) atau Ddos (Distributed Denial of Service)
Jika sebuah server aplikasi Internet E-Commerce berhasil diserang, maka besar kemungkinan cracker dapat masuk kedalam sistem internal perbankan, karena server tersebut merupakan entry point ke dalam internal sistem
             
Pada suatu sistem Internet E-Commerce yang tidak didisain dan dimaintenance dengan baik, penyerangan dengan tehnik DoS / DdoS dapat menyebabkan beban lebih pada sistem sehingga sistem utama dapat mengalami kegagalan atau failure. Hal ini akan berakibat fatal terhadap perusahaan E-Commerce tersebut. Karena selain dapat mengakibatkan downtime yang sedang berjalan, cracker dapat melakukan manipulasi, pencurian, atau kejahatan yang lain sehingga merugikan.
2.    Resiko Transaksi
Banyak Pengguna Internet yang masih takut dalam melakukan transaksi di Internet, baik untuk membeli dan menjual barang di toko-toko Virtual, maupun melakukan transaksi keuangan pada sistem Intenet Banking. Resiko dalam melakukan transaksi di Internet sangat tinggi, karena selain beragamnya tujuan pengguna Internet, perngkat hukum yang menaungi keamanan dalam bertransaksi di Internet masih belum memadai. Beberapa resiko transaksi pada Internet adalah sebagai berikut :
  • Penipuan dengan memasang situs palsu yang kemudian menangkap nomor kartu kredit.
  • Penipuan dengan menggunakan nomor kartu kredit palsu untuk melakukan transaksi di Internet.
  • Penipuan domain sehingga dapat memasang situs palsu untuk menangkap nomor kartu kredit dan komponen autentikasi sehingga dapat digunakan untuk penipuan lain.
  • Penipuan dengan menyangkal telah melakukan suatu transaksi
  • Penipuan dengan membuat transaksi palsu
  • Terjadinya transaksi ganda akibat kesalahan pengiriman data

 

Selain resiko transaksi di Internet yang telah disebutkan diatas, masih banyak lagi resiko yang dapat terjadi dalam melakukan suatu transaksi di Internet. Semakin banyak pelaku atau pihak yang terlibat berarti semakin besar resiko yang dapat terjadi, demikian pula jika nilai transaksi semakin besar berarti semakin besar resiko yang dapat terjadi. Dengan adanya persaingan global, kebutuhan untuk melakukan perdagangan dan transaksi di Internet akan semakin meningkat dan tak terelakan. Hal ini memacu semua pelaku bisnis untuk mengembangkan teknologi yang dapat mendukung usahanya. EDI over Internet, Bussines to Customer Commerce (B2C), dan Bussines to Bussines Commerce (B2B) merupakan masa depan yang tak terelakan. Apalagi setelah dikembangkannya teknologi WAP (Wireless Application Protocol), seseorang dimungkinkan membeli saham dimana saja dan dalam waktu yang cepat, dengan hanya menekan tombol pada mobile phone yang dimilikinya. Oleh karena itu diperlukan suatu bentuk teknik pengamanan dalam melakukan transaksi di Internet, baik dari segi teknologi, prosedur maupun dalam perangkat hukum.
KEUNTUNGAN PENERAPAN E-COMMERCE BAGI DUNIA BISNIS DI INDONESIA
Internet pertama kali diperkenalkan di Indonesiapada tahun 1994 melalui lembaga pendidikan. Saat ini Internet di Indonesia sedang berkembang sangat cepat. Sebenarnya angka perkembangannya lebih sedikit bila dibandingkan dengan pembangunan, tetapi menunjukkan pertumbuhan yang cukup tinggi.
Di kota-kota besar seperti misalnya Semarang, Yogyakarta, Jakarta, Surabayadan Bandung, banyak bermunculan usaha warung Internet (Cyber Café). Didalam Warnet tersebut terdapat terminal-terminal di mana user dapat mengakses Internet tanpa harus menjadi pelanggan sebuah ISP. Orang hanya tinggal membayar biaya perjam atas akses yang dilakukan. Orang Tidak harus terdaftar pada ISP, tidak perlu membayar biaya bulanan Internet atau biaya telpon. Dan hal yang tepenting yaitu behwa para pengguna di warung Internet terbebas dari masalah teknis seperti masalah modem, kesulitan koneksi dan sebagainya.
TANTANGAN DAN HAMBATAN DALAM PENGEMBANGAN E-COMMERCE DI INDONESIA
Kenyataan yang ada diindonesia, ternyata E-Commerce tidak mampu membuat perubahan yang cukup besar. Jika diamati fakta di atas, terdapat beberapa faktor yang dipercaya mendukung perkembangan, diantara kelemahan dan kesulitan yang dihadapi. Yang pertama akan dibahas tenteng beberapa faktor yang tidak mendukung pertumbuhan E-Commerce di Indonesia. Terdapat klasifikasi utama yaitu :
a.    Infrastruktur
Dapat dikatakan bahwa infrastruktur merupakan salah satu aspek terpenting, Secara geografis, Indonesia merupakan segara kepulauan. Struktur ini menyulitkan dalam pembuatan Fiber-optic-bases backbone. PT Telkom adalah penyedia telekomunikasi domestik yang bertanggung jawab terhadap Infrastruturdomestik ini. Sebagian besar dari jaringan PT. Telkom masih menggunakan Cooper Wire. Hanya kota-kota besar saja yang memakai fiber optic, walau koneksi ke end user masih menggunakan cooper. Aspek lain yang dapat dikategorikan sebagai Infrastrutur adalah telepon dan biaya akses Internet yang relatif masih mahal. Tidak seperti Amerika dan negara-negara lain, dimana biaya telepon hanya dikenakan bulanan, di Indonesia biaya tidak hanya biaya bulanan tetapi juga berdasarkan besarnya pemakaian telepon. Selain itu, User Internet masih diharuskan untuk membayar ISP atas penggunaan fasilitas Internetnya.
b.    Keamanan
Sebuah survai terhadap user Indonesiamenunnjukkan bahwa pikiran utama yang masih tertanam di benak mereka untuk melakukan transaksi di Internet, yaitu mengenai masalah keamanan dalam pembayarannya. Mereka ingin agar provider memberikan jaminan keamanan bertransaksi ke situs mereka. Mungkin karena di Indonesiabudaya penggunaan kartu kredit masih sedikit, maka banyak situs E-Commerce di Indonesia yang menawarkan cara konvensional, yaitu dengan melalui wesel atau via telepon, sementara halaman WEB hanya menawarkan jenis produk yang akan dijual, dan transaksi dilakukan dengan kontak langsung via telepon.

Cara Mematikan Windows Update

Pada postingan kali ini saya akan menunjukkan bagaimana cara menonaktifkan atau mematikan windows update, windows update sendiri berfungsi untuk mengupdate sistem secara berkala. proses windows update dilakukan secara otomatis pada saat kita mematikan komputer/laptop, namun saat prosesnya terjadi membutuhkan waktu yang cukup lama. sehingga membuat waktu shutdown semakin lama juga, karena komputer tidak akan mati sampai proses update seluruh sistem selesai. bagi anda yang merasa terganggu dengan windows update yang otomatis, dapat menggunakan cara berikut untuk menonaktifkannya

Cara Mematikan Windows Update


1. Pertama masuk ke Control Panel, dengan cara klik tombol windows pada keyboard lalu ketikkan control panel, lalu klik. maka akan muncul tampilan control panel seperti gambar dibawah. setelah masuk ke control panel , pilih System and Security


2. selanjutnya klik Turn automatic updating on or off


3. lalu pilih Never check for update, terakhir klik ok.



Selesai maka windows pun tidak akan mengupdate secara otomatis saat shutdown. sekian artikel kali ini , jika ada pertanyaan silahkan berikan komentar dibawah

Membuat Objek 3D menggunakan Blender

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan langkah-langkah membuat sebuah objek 3D yaitu sebuah meja dengan menggunakan blender. Berikut ini langkah –langkah pembuatannya :
  • Buka Aplikasi Blender
  • Tampilan pertama pada blender secara default aka nada 1 objek kubus. Berikut ini beberapa pengertian dari objek yang ada pada tampilan kerja.

Penjelasan :

  1. Kamera
  2. Sumber cahaya
  3. Sumbu Z
  4. Sumbu Y
  5. Sumbu X

 

  • Langkah pertama yang kita lakukan adalah membuat objek Meja. Untuk membuat objek meja diawalai dengan sebuah kubus, kemudian kubus tersebut diedit menjadi balok. Untuk mengeditnya kita ubah ke dalam edit mode. Kita klik pada objek kemudian tekan TAB pada key board atau ubah pada toolbar di bawah seperti ini :
  • Untuk membuat objek menjadi balok tekan S + Z pada keybard kemudian arahkan mouse kursor untuk menentukan ukuran besar kecilnya balok. S adalah shortcut untuk SIZE dan Z merupakan sumbu yang digunakan pada saat meresize.
  • Pindah ke bagian bawah balok dengan cara klik tengah mouse dengan menggeser kursor. Kemudian ubah edit modenya menjadi FACE SELECT. 
  • Klik kanan pada face bawah objek. Kemudian tekan CTRL + R yang digunakan untuk membagi balok menjadi beberapa bagian. Kemudian scroll ke atas / ke bawah untuk mengatur bagiannya
  • Lakukan pada bagian lainnya sehingga menjadi seperti berikut :
  • Select 4 bagian seperti berikut dengan cara klik kiri sambil menekan SHIFT
  • Lakukan Extrude pada bidang yang diblok dengan menekan E pada keyboard
  • 10. Disini Sudah terlihat objek membentuk seperti meja. Kemudian kita buat penghubung kaki kaki meja. Dengan cara menjadi kaku meja menjadi beberapa bagian dengan menggunakan CTRL + R.
  • Delete sisi – sisi kaki meja yang akan dihubungkan. Lakukan dengan cara blok face yang ingin dihapus kemudian tekan delete
  • Ubah edit mode menjadi edge select
  • Kemudian Select bagian EDGE sisi satu dengan sisi hadapannya

    Kemudian tekan F

  • Lakukan pada sisi lannya hal yang sama. Hingga terbentuk seperti berikut.
  • Garis merah menandakan sumbu X dan garis biru menandakan sumbu Z. disini terlihat posisi meja dibawah sumbu X, berarti kita harus menaikan kedudukannya searah sumbu Z. Pertama kita ubah ke objek mode. Kemudian klik kanan pada objek kemudian tekan Z pada keyboard dan arahkan kursor searah sumbu Z.
    Terakhir Render gambar dengan menekan tombol F12.

New Articles

Editor Picks