Sebelumnya pasti anda sudah mengetahui fungsi dan kegunaan dari css yang sudah dibahas dalam artikel sebelumnya yaitu “Pengertian CSS (Cascading Style Sheet)“.
Ada 3 cara memasang kode CSS ke dalam HTML yaitu :
Inline CSS
Embed / memasang kode CSS ke dalam bagian <head>
Link ke external CSS
INLINE CSS
Kode CSS di tulis langsung ke dalam tag HTMLyang ingin di format. Penulisan cara ini tidak memerlukan penulisan selector dalam kode CSS. Cara ini sebaknya hanya di gunakan jika anda mau memformat suatu elemen satu kali saja.
Contoh:
<h1 style="color: red;">
H1 dengan CSS
</h1>
Pada contoh si atas, elemen <h1> di format agar tulisannya menggunakan warna merah, elemen lain, tidak akan menggunakan warna merah karena format ini hanya berlaku pada elemen paragraf yang di tentukan kode CSS nya. Penulisan CSS dengan cara ini mulai dengan kata “style = lalu di ikuti dengan syntax Property:value;”
EMBEDDED CSS
Kita bisa menempelkan kode CSS di antara tag <head> & </head>. penulisan CSS dengan cara ini awalnya diawali dengan tag <style>—-</style>.
Kode CSS external di tulis dalam satu file terpisah yang disimpan dengan akhiran “.css” atau ekstensi “.css”. Anda lalu perlu memanggil file CSS tersebut ke dalam semua halaman web yang anda buat. Dengan cara ini, anda hanya perlu memiliki satu set kode CSS yang digunakan untuk semua halaman web anda. Jadi ada dua langkah dalam pengimplementasian CSS dengan cara ini.
Contoh:
Anda membuat satu file dengan notepad atau teks editor lain, dan berinama, misalkan: style.css, lalu tuliskan kode-kode css di dalam file tersebut.
p {font-family: arial; font-size: small;} h1 {color: red; }
Langkah kedua adalah memanggil file style.css dari semua halaman web. Caranya dengan memasukkan kode di bawah ini, di antara tag <head> dan </head>
CSS (Cascading Style Sheet) adalah salah satu bahasa desain web (style sheet language) yang mengontrol format tampilan sebuah halaman web yang ditulis dengan menggunakan penanda(markup laguage. Biasanya CSS digunakan untuk mendesain sebuah halaman HTML dan XHTML, tetapi sekarang CSS bisa diaplikasikan untuk segala dokumenXML, termasuk SVG dan XUL bahkan ANDROID.
CSS dibuat untuk memisahkan konten utama dengan tampilan dokumen yang meliputi layout, warna da font. Pemisahan ini dapat meningkatkann daya akses konten pada web, menyediakan lebih banyak fleksibilitas dan kontrol dalam spesifikasi darisebuah karakteristik dari sebuah tampilan, memungkinkan untuk membagi halaman untuk sebuah formatting dan mengurangi kerumitan dalam penulisan kode dan struktur dari konten, contohnya teknik tableless pada desain web.
CSS juga memungkinkan sebuah halaman untuk ditampilkan dalam berbagai style dengan menggunakan metode pembawaan yang berbeda pula, seperti on-screen, in-print, by voice, dan lain-lain. Sementaraitu, pemilik konten web bisa menentukan link yang menghubungkan konten dengan file CSS.
Tujuan utama CSS diciptakan untuk membedakan konten dari dokumen dan dari tampilan dokumen, dengan itu, pembuatan ataupun pemrograman ulang web akan lebih mudah dilakukan. Hal yang termasuk dalam desain web diantaranya adalah warna, ukura dan formatting. Dengan adanya CSS, konten dan desain web akan mudah dibedakan, jadi memungkinkan untuk melakukan pengulangan pada tampilan-tampilan tertentu dalam suatu web, sehingga akan memudahkan dalam membuat halaman web yang banyak, yang pada akhirnya dapat memangkas waktu pembuatan web.
Fungsi utama css adalah merancang, merubah, mendisain, membentuk halaman wesite(blog juga website). dan isi dari halaman website adalah tag-tag html, logikanya css itu dapat merubah tag-tag html(yang sederhana) sehingga menjadi lebih fungsional dan menarik.
Saat ini pengguna Windows 7 dan Windows 8,1 sudah bisa upgrade ke versi windows terbaru, yaitu Windows 10 secara gratis. Dalam versi windows terbarunya ini , Microsoft juga menambahkan beberapa shortcut baru seperti untuk mengakses Cortana digital assistance atau juga Virtual Desktop.
Berikut ini daftar shortcut untuk para pennguna Windows 10
Tombol Windows + Tab
Shortcut ini ada di versi windows sebelumnya, yang berfungsi untuk berpindah layar. namun microsoft membuat tampilan baru . di bagian bawah layar anda dapat menggunakan virtual desktop switcher untuk berpindah antar virtual desktops.
Tombol Windows + Tombol Arah [kiri] [kanan] [atas] [bawah]
Shortcut ini berfungsi untuk mengatur tampilan screen seperti minimize.
Tombol Windows + G
Shortcut ini akan membuka windows 10 game bar screenshot. disini anda dapat merekam game videos dari windows 10 games.
Alt + F4
Berfungsi untuk menutup windows yang sedang di gunakan, jika anda berada di desktop lalu menggunakan shortcut ini maka akan muncul kotak dialog pilihan untuk shutdown atau restart.
Tombol Windows + Shift + [Left][Right]
shortcut ini dapat digunakan saat menggunakan multiple monitored, fungsinya untuk menggeser jendela dari satu monitor ke yang lain.
Alt + Space
Shortcut ini salah satu yang patut dicoba pada windows 10, berfungsi untuk mengatur jendela yang sedang digunakan.
Windows Key + Ctrl + D
Berfungsi untuk beralih ke Virtual Desktop
Windows + Space
berfunhsi untuk berpindah bahasa inputan pada keyboard
Windows + I
Berfungsi untuk membuka setting windows 10
Windows + L
shortcut ini digunakan untuk mengunci windows 10
terakhir shortcut bonus Ctrl + alt + arah (kiri , kanan ,atas atau bawah), hehehe. sekian artikel tentang 10 Shortcut Yang Wajib di Ketahui pada Windows 10.
Sama seperti negara lain di dunia , di indonesia pun pengguna Smartphone berbasis Android terus bertambah. berdasarkan peneliian dari IDC, sebanyak 81 persen smartphone di indonesia menggunakan android sebagai sistem operasinya. itu berarti ada sekitar 32 juta pengguna android saat ini. hasilnya banyak perusahaan start-up yang bergerak dibidang app stores, seperti Google play.
Nah bagi anda yang bosan dengan playstore, bisa mencoba beberapa tempat berikut untuk men-download aplikasi android.
Berikut ini 4 tempat download aplikasi android terbaik selain Google play
Apple akhirnya merilis versi final iOS 9 untuk iPhone , iPad, dan iPod touch. software nya pun memiliki kelebihan di banding iOS versi sebelumnya seperti Siri yang lebih pintar, penggunaan batterai yang tidak boros , split-view multitasking untuk iPad, media support in Notes app, dan beberapa fitur lainnya.
Seperti biasa untuk mengupgrade iOS, ada 3 cara yaitu dengan mendownloadnya langsung dari OTA (Over the Air) Updates, via iTunes atau juga bisa dengan cara restore. oke berikut caranya
Daftar Isi
1. Update iOS 9 dengan OTA (Over the Air) Updates
Cara pertama dengan menggunakan OTA atau Over The Air ini menurut saya yang paling mudah untuk Update ke iOS 9, namun membutuhkan koneksi yang cepat dan stabil . berikut caranya
Klik menu ”Setting” pada perangkat yang anda gunakan lalu pilih “General“
Selanjutnya pilih Software Update maka akan muncul tampilan seperti gambar diatas
Terakhir tinggal klik “Download and Install“
Proses instalasi akan berjalan setelah iOS 9 selesai di download dan perangkat akan restart otomatis setelah proses instalasi iOS 9 selesai.
2. Update iOS9 Via iTunes
Pengguna juga dapat mengupdate iOS 9 dengan menghubungkan iPhone,iPad atau iPod touch lewat komputer yang sudah terinstall versi terbaru dari iTunes . berikut caranya
Hubungkan perangkat anda dengan komputer yang sudah terinstal iTunes terbaru.
Pilih perangkat yang ingin kamu update di sidebar iTunes.
Tekan tombol ” Check for Updates ” lalu akan muncul sebuah jendela baru seperti gambar di atas.
Pilih download only jika kamu hanya ingin mendownload update dari iOS9 dan menginstallnya alain kali . Atau bisa juga pilih “Download and Update” jika kamu ingin langsung mengupdate ke iOS9.
3. dengan cara Restore
Terakhir anda juga bisa menggunakan cara restore, cara ini sendiri terbagi lagi dalam 2 metode. Restore dengan mengunduh IPSW secara langsung atau secara terpisah.
1. Cara langsung:
Sebagai catatan , jika anda mengupdate dengan cara Restore, maka semuda data yang ada di perngkat iOS akan terhapus. pastikan kamu membuat backup terlebih dahulu , setelah proses restore selesai , pilih pengaturan untuk mengembalikkan data dari backup yang sudah di bat sebelumnya.
Hubungkan perangkat iOS dengan komputer yang terinstal iTunes terbaru.
Pilih perangkat yang ingin kamu update di sidebar iTunes.
Tekan tombol Restore dan pilih Backup sebelum melakukannya
2. Cara Manual
Hubungkan perangkat iOS dengan komputer yang terinstal iTunes terbaru.
Pilih perangkat yang ingin kamu update di sidebar iTunes.
Tekan dan tahan tombol Option (di komputer Mac) atau Shift (komputer Windows) lalu arahkan pointer untuk menekan ikon Restore.
Akan muncul jendela Finder baru untuk mencari file .ipsw yang sudah kamu unduh secara terpisah. Pilih file yang tepat dan proses restore akan dimulai.
Saya sarankan anda menggunakan cara manual jika koneksi internet yang anda punya tidak stabil, selain itu dengan cara manual pun anda bisa membagikan file IPSW yang ingin mengupdate ke iOS9 juga.
Untuk link download file IPSW dapat di lihat di bawah :
Interaksi manusia dan komputer adalah disiplin ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan komputer yang meliputi perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna komputer agar mudah digunakan oleh manusia. Ilmu ini berusaha menemukan cara yang paling efisien untuk merancang pesan elektronik.
Dengan kata lain Interaksi manusia dan komputer itu sendiri adalah serangkaian proses, dialog dan kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer yang keduanya saling memberikan masukan dan umpan balik melalui sebuah antarmuka untuk memperoleh hasil akhir yang diharapkan. Interaksi manusia dan komputer meliputi ergonomic dan faktor manusia.
Ergonomi adalah memfokuskan pada karakteristik fisik mesin dan system dan melihat performance dari user (seseorang yang terlibat dalam menyelesikkan tugas). Dengan kata lain ergonomic terjadi dimana interaksi manusia-komputer berkaitan dengan bentuk fisik dari mesin. Faktor manusia adalah studi tentang manusia dan tingkah lakunya.
Bidang yang terlibat dalam Interaksi manusia dan komputer
1.Psikologis : Persepsi user, kemampuan memecahkan masalah.
2.Ergonomic : Kemampuan fisik user.
3.Sosiologi : Kemampuan memahami konsep interkasi.
4.Ilmu komputer dan teknik : Membuat teknologi.
5.Bisnis : Pemasaran.
6.Desain grafis : Presentasi grafis.
Tujuan interaksi manusia dengan komputer
untuk mempermudah manusia dalam mengoperasikan komputer dan mendapatkan berbagai umpan balik yang ia perlukan selama ia bekerja pada sebuah sistem komputer. Sebagai contoh, misalnya sebuah komputer lengkap dipasang pada sebuah tempat yang tidak nyaman bagi seorang pengguna yang menggunakan. Atau keyboard yang digunakan pada komputer tersebut tombol-tombolnya keras sehingga susah untuk mengetik sesuatu.
Media antarmuka manusia dan computer
Media Tekstual.
Adalah ”bentuk sederhana dialog atau komunikasi antara manusia dan komputer yang hanya berisi teks dan kurang menarik”. Salah satu contoh antarmuka manusia dan komputer berbentuk teks yang menggunakan bahasa pemrograman PASCAL adalah readln dan writeln.
Media GUI (Graphical User Interface).
Adalah ”bentuk dialog atau komunikasi antara manusia dan komputer yang berbentuk grafis dan sangat atraktif”. Contoh antarmuka manusia dan komputer yang berbentuk grafis menggunakan pemrograman visual (Visual Basic, Visual Foxpro, Delphi dan lain-lain)
Tujuan umum perancangan desain
Efektivitas.
Memberikkan arah rancangan.
Mendapatkan keputusan.
Pengambilan keputusan.
Daya guna adalah tingkat produk dapat digunakan untuk ditetapkan oleh user untuk mencapai tujuan secara efektif.
Paradigma adalah Sistem interaktif yang berhasil/sukses pada umumnya diyakini akan meningkatkan dayaguna (usability) dari system tersebut.
Prinsip adalah Interaksi efektif dari berbagai aspek pengetahuan psikologi, komputasi dan sosiologi mengarahkan peningkatan desain dan evolusi suatu produk, yang pada akhirnya akan meningkatkan dayaguna sistem tersebut.
Jenis-jenis paradigma
Time-Sharing : Satu komputer yang mampu mendukung (dapatdigunakan oleh) multiple user meningkatkan keluaran (throughput) dari system.
Video Display Units (VDU) : Dapat memvisualisasikan dan memanipulasi informasi yang sama dalam representasi yang berbeda mampu memvisualisasikan abstraksi data.
Programming Toolkits (Alat Bantu Pemrograman) : Alat Bantu Pemrograman memungkinkan programmer meningkatkan produktivitasnya.
Komputer Pribadi (Personal Computing) : Mesin berukuran kecil yang powerful, yang dirancang untuk user tunggal.
Sistem Window dan interface WIMP (Windows, Icons, Menus and Pointers) : Sistem window memungkinkan user untuk berdialog / berinteraksi dengan komputer dalam beberapa aktivitas/topik yang berbeda.
Metapora (Metaphor) : Metapora telah cukup sukses digunakan untuk mengajari konsep baru, dimana konsep tersebut telah dipahami sebelumnya. Contoh metapora (dalam domain PC) : Spreadsheeet adalah metapora dari Accounting dan Financial Modelling Keyboard adalah metapora dari Mesin Tik.
Manipulasi Langsung (Direct Manipulation) : Manipulasi Langsung memungkinkan user untuk mengubah keadaan internal sistem dengan cepat. Contoh Direct Manipulation adalah konsep WYSIWYG (what you see is what you get).
Bahasa vs. Aksi (Language versus Action) : Bahasa digunakan oleh user untuk berkomunikasi dengan interface aksi dilakukan interface untuk melaksanakan perintah user.
Hypertext : Penyimpanan informasi dalam format linear tidak banyak mendukung pengaksesan infor-masi secara random dan browsing asosiatif. Hypertext merupakan metode penyimpanan informasi dalam format non-linear yang memungkinkan akses atau browsing secara nonlinear atau random.
Multi-Modality : Sistem multi-modal interaktif adalah sistem yang tergantung pada penggunaan beberapa (multiple) saluan (channel) komunikasi padan manusia. Contoh channel komunikasi pada manusia : visual (mata), haptic atau peraba (kulit), audio (telinga).
Computer-Supported Cooperative Work (CSCW) : Perkembangan jaringan computer memungkinkan komunikasi antara beberapa mesin (personal komputer) yang terpisah dalam satu kesatuan grup. Sistem CSCW dirancang untuk memungkin-kan interaksi antar manusia melalui komputer dan direpresentasikan dalam satu produk. Contoh CSCW: e-mail (electronic mail).
Prinsip Pendayagunaan
Learnability : Kemudahan yang memungkin-kan user baru berinteraksi secara efektif dan dapat mencapai performance yang maksimal.
Flexibility : Menyediakan banyak cara bagi user dan sistem untuk bertukar informasi.
Robustness: Tingkat dukungan yang diberi-kan agar user dapat menentukan keberhasilannya atau tujuan (goal) yang diinginkan.
Atribut dari dayaguna
Efektif (lengkap).
Learnabilitas (mudah dipelajari).
Efisien.
Memorabilitas (mudah diingat).
Tingkat eror kecil.
Kepuasan.
Tiga pendekatan utama prototyping
Throw away adalah prototype dibuat dan dites kemudian digunakan untuk membuat produk akhir, prototype dibuang.
Incremental adalah produk hanya satu tapi dibagi menjadi komponen lebih kecil dan terpisah.
Evolutionary adalah prototype tidak dibuang tetapi digunakan kembali (recycle).
MEDIUM [latin] : sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawa sesuatu
MEDIUM [American Heritage Electronic Dictionary, 1991] : alat untuk mendistribusikan dan mempresentasikan informasi.
Multimedia dapat diartikan sebagai penggunaan beberapa media yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk text, audio, grafik, animasi, dan video.
Beberapa definisi menurut beberapa ahli:
Kombinasi dari komputer dan video (Rosch, 1996)
Kombinasi dari tiga elemen: suara, gambar, dan teks (McComick, 1996)
Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban dan kawan-kawan, 2002).
Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video (Robin dan Linda, 2001)
Multimedia dalam konteks komputer menurut Hofstetter 2001 adalah: pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi.
Multimedia dapat digunakan dalam:
Bidang periklanan yang efektif dan interaktif
Bidang pendidikan dalam penyampaian bahan pengajaran secara interaktif dan dapat mempermudah pembelajaran karena dididukung oleh berbagai aspek: suara, video, animasi, teks, dan grafik.
Bidang jaringan dan internet yang membantu dalam pembuatan website yang menarik, informatif, dan interaktif
Menurut riset Computer Technology Research (CTR):
Orang mampu mengingat 20% dari yang dilihat
Orang mampu mengingat 30% dari yang didengar
Orang mampu mengingat 50% dari yang didengar dan dilihat
Orang mampu mengingat 30% dari yang didengar, dilihat, dan dilakukan.
Multimedia mampu:
Mengubah mengubah tempat kerja. Dengan adanya teleworking, para pekerja dapat melakukan pekerjaanya tidak harus dari kantor. Contoh software yang mendukung teleworking / telecommuting: Netmeeting!
Mengubah cara belanja. Homeshopping / teleshopping dapat dilakukan dengan menggunakan internet, kemudian barang datang dengan sendirinya.
Mengubah cara bisnis. Nokia membuat bisnis telepon seluler, banyak perusahaan menggunakan sistem jual beli online, bank menggunakan cara online-banking.
Mengubah cara memperoleh informasi. Orang-orang mulai menggunakan internet dan berbagai software untuk mencari informasi. Misalnya: membaca koran online, detik.com, menggunakan software kesehatan, belajar gitar dari software dan masih banyak lagi.
Mengubah cara belajar. Sekolah mulai menggunakan komputer multimedia, belajar online, menggunakan e-book.
Internet Multimedia juga mulai bersaing dengan televisi dan radio.
Bagaimana sistem bisa disebut sebagai sistem multimedia?
Kombinasi Media Sistem disebut sistem multimedia jika kedua jenis media (continuous/ discrete) dipakai. Contoh media diskrit : teks dan gambar, dan media kontinu adalah audio dan video.
Independence Aspek utama dari jenis media yang berbeda adalah keterkaitan antar media tersebut. Sistem disebut sistem multimedia jika tingkat ketergantungan/ keterkaitan antar media tersebut rendah.
Computer-supported Integration Sistem harus dapat melakukan pemrosesan yang dikontrol oleh komputer. Sistem dapat diprogram oleh system programmer/ user.
Sistem Multimedia dapat dibagi menjadi:
Sistem Multimedia Stand Alone Sistem ini berarti merupakan sistem komputer multimedia yang memiliki minimal storage (harddisk, CD-ROM/DVD-ROM/CD-RW/DVD-RW), alat input (keyboard, mouse, scanner, mic), dan output (speaker, monitor, LCD Proyektor), VGA dan Soundcard.
Sistem Multimedia Berbasis Jaringan Sistem ini harus terhubung melalui jaringan yang mempunyai bandwidth yang besar. Perbedaannya adalah adanya sharing sistem dan pengaksesan terhadap sumber daya yang sama. Contoh: video converence dan video broadcast Permasalahan: bila bandwidth kecil, maka akan terjadi kemacetan jaringan, delay dan masalah infrastruktur yang belum siap.